Profil Virginia Handerson
Virginia Henderson lahir pada tahun
1897, ia adalah anak ke kelima dari delapan bersaudara. Henderson asli dari
Kansas City dan menghabiskan masa pertumbuhannya di Virginia. Henderson
memiliki latar belakang pendidikan keperawatan yang meliputi pendidikan awal
keperawatan di Sekolah Perawat Militer, 1918 di Washington DC yang
diselesaikannya pada tahun1921 setelah itu ia berkarir sebagai staf perawat,
mengajar di Rumah Sakit, mengikuti pendidikan tinggi di Fakultas keguruan. Melalui
berbagai pendidikannya ia banyak mendapat ilmu tentang praktek klinik dan
proses analitikal. Pada tahun 1953, ia bekerja dengan Leo Simmon pada Survey
nasional tentang penelitian keparawatan. Pada tahun 1959, ia memimpin proyek
The Nursing Studies Index di Universitas Yale.
Sebagai tokoh keperawatan ia pun
banyak menulis, berbagai tulisan yang berupa surat ataupun buku diterbitkan.
Dalam tulisannya, Handerson memberi gambaran tentang fungsi dan pekerjaannya
yang unik berbeda dengan dokter. Ia juga membuat deskripsi keperawatan yang
menjadi acuan profesi keperawatan dalam menjalankan aktifitas profesionalnya.
Dan melalui tulisannya iapun berusaha memberikan arahan bagi para perawat agar
dapat terus menerus mengembangkan dan memperkaya diri dalam seni, ilmu, dan
humanitas yang menjadi ciri utama profesi keperawatan.
Perawat dimanapun sebenarnya perlu
memahami apa yang dijelaskan Henderson tentang keperawatan, karena dari
berbagai pengalaman dan kegiatannya di dunia keperawatan Henderson dapat
memberikan arahan dan bimbingan bagi perawat dalam menjalankan profesinya
secara tepat. Melalui buku teks yang ia tulis, Henderson menyuarakan pula jati
diri profesi keperawatan pada dunia, baik pada masyarakat umum, profesi
kesehatan lain, bahkan pada perawat atau calon perawat itu sendiri. Sehingga Handerson
ini bukan saja memberikan arahan aplikasi secara nyata pada perawat tetapi juga
landasan bagi kokohnya profesi keperawatan.
Tentu hal tersebut sangatlah
berkaitan dengan isi defenisi keperawatan yang dideskripsikannya berkali-kali,
untuk memperjelas fungsi perawat, dimana tugas merawat bukan hanya ditujukan
pada manusia yang sakit namun yang sehat juga, dan aktifitas itu dilaksanakan
dalam rangka terpemenuhinya 14 komponen kebutuhan dasar pada setiap manusia
dengan berbagai aktifitas yang ditujukan untuk memandirikan klien / manusia,
yang didasari akan ditemukannya penyebab gangguan kesehatan mereka yaitu
ketidakmampuan, ketidak-mauan maupun ketidaktahuan. Dan para
anggota profesi keperawatan dapat mempraktekkan ilmu dan seni keperawatan tanpa
menyalahi kaidah utama profesi keperawatan itu sendiri.
No comments:
Post a Comment